Wajib Cek Enam Cairan Sebelum Bepergian

Sabtu, 7 Mei 2016 | 07:32 WIB

Jakarta, Otomania – Sebelum merencanakan perjalanan jauh ada baiknya para pemilik kendaraan selalu memastikan kondisinya prima. Meluangkan waktu beberapa saat untuk melakukan pemeriksaan di bawah kap mesin, mampu menghindarkan dari masalah selama perjalanan.

Pada area mesin kendaraan ini terdapat beberapa wadah cairan yang dapat diperiksa secara kasat mata, apakah membutuhkan penambahan atau berada dalam kondisi baik. Beberapa tidak terlihat langsung dan memerlukan alat bantu seperti dipstick untuk membantu melihat kondisinya.

“Wadah-wadah cairan ini secara kasat mata dapat dilihat apakah mengalami kekurangan atau dalam kondisi baik. Cek satu-satu kondisi cairan pada wadah tersebut melalui alat pengukur yang tersedia,” ungkap Dolf Valentino, Service Manager Daihatsu Pangeran Jayakarta saat dihubungin Otomania.

Minyak Power Steering
Saat mesin belum dinyalakan periksa kondisi minyak power steering ini melalui tongkat pengukur. Pastikan oli berada pada indikator bawah atau cold. Jika mesin sudah dinyalakan, setelah 15 menit, minyak pada tongkat indikator berada pada posisi atas atau hot.

Air Aki
Penggunaan aki basah perlu memperhatikan tinggi cairan pada masing-masing sel batere. Cek apakah air aki berada pada posisi yang normal. Tambahkan air aki jika dirasa air aki berada di batas bawah indikator yang tersedia.

Wadah Air Washer
Air untuk pembersih kaca depan kendaraan ini kerap luput dari perhatian. Sebelum bepergian isi wadah washer dengan air hingga batas maksimal. Tidak adanya air untuk membersihkan kaca dapat menyulitkan pengendara saat kaca depan kotor dan mengurangi visibilitas berkendara.

Oli Mesin
Pengecekan oli mesin dapat dilakukan melalui tongkat indikator. Cabut tongkat indikator dan lihat melalui parameter, posisi oli mesin tersebut. Pastikan oli mengenai parameter maksimal yang menandakan mesin tidak kekurangan oli.

Wadah Reservoir Radiator
Pastikan cairan pada wadah reservoir radiator berada pada posisi yang normal. Pastikan juga volume dalam wadah membantu air radiator bersirkulasi saat panas sesuai dengan batas maksimal. Jangan sampai air pendingin diisikan berlebih karena justru akan mengganggu sirkulasi air radiator terganggu.

Minyak Rem
Cek ketinggian minyak rem dan pastikan berada pada posisi maksimum, jika kurang, segera lakukan penambahan. Cek jenis minyak rem yang sesuai rekomendasi untuk digunakan. Biasanya ada pada bagian tutup wadah minyak rem tersebut.

Penulis : Setyo Adi Nugroho
Editor : Agung Kurniawan

Sumber : Otomania

Share this Post!

About the Author : owner

0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.