Sensasi Mandi Lumpur Bersama All New Pajero Sport

Senin, 29 Februari 2016 | 07:05 WIB

Jakarta, Otomania – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors kembali membuktikan ketangguhan All New Pajero Sport dengan mengelar sesi test drive and ride, di Jakarta. Uniknya, kali ini dibuat berbeda dengan menyulap lahan tanah menjadi jalur off-road sehingga konsumen lebih maksimal merasakan performa sebenarnya.

Otomania mendapat jatah untuk merasakan sensasi menjadi penumpang di baris kedua All New Pajero Sport yang dikendarai pereli nasional Rifat Sungkar. Tanpa menunggu lama, unit Pajero Dakar 4×4 yang merupakan tipe tertinggi pun langsung digeber habis melewati tanah merah yang sudah berlumpur akibat hujan lebat.

Hal pertama yang coba ditunjukan Rifat pada Pajero baru adalah sistem gerak suspensinya yang lebih andal meredam guncangan. Pengembangan yang dilakukan Mitsubishi dengan menyeting ulang sistem suspensi untuk megejar kenyamanan di medan bergelombang cukup ampuh. Mobil yang digunakan benar-benar dalam kondisi standar tanpa ada ubahan selain ban dan peleknya saja.
Stanly/Otomania All New Pajero 2016
Sebelumnya, Head of MMC Technical Service Departement Boediarto pun menceritakan bahwa dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Pajero baru lebih memiliki karakteristik suspensi yang nyaman.

“Mitsubishi melakukan pengembangan pada sistem suspensi dengan menyeting ulang semuanya. Tujuannya untuk mengejar rasa dari sebuah mobil penumpang sebenarnya tapi tanpa meninggalkan fungsi utama sebagai mobil SUV,” ucap Boediarto kepada Otomania di Jakarta, Kamis (25/2/2016).

Bukan hanya suspensi, sasis karet body mounting juga diperbesar yang dikombinasiakan dengan soundproof guna meminimalisir getaran serta peredam suara di dalam mobil. Meski demikian, bantingan masih terasa ketika bermanuver cepat di jalur basah bergelombang, hal ini cukup wajar karena kondisi mobil benar-benar normal, tanpa ada modifikasi yang untuk membuat mobil lebih stabil menahan pergerakan bagian belakang.

Performa

Selain merasakan kenyamanan, tujuan digelarnya acara ini adalah untuk membuktikan performa dari mesin diesel barunya, yakni 2.400 cc MIVEC turbo intercooler. Meski secara kapasitas turun, tapi soal teanga dan torsi justru lebih besar.

Dari data, mesin baru 4N15 4-silinder 2.4L MIVEC turbo mampu mengasilkan tenaga sebesar 178 tk dan torsi 430 Nm, sedangkan mesin lama yakni, 4D56 2.5L hanya memiliki tenaga 134 tk dan torsi 324 Nm. Dari hasil pengujian bersama Rifat Sungkar, dirinya mengatakan bahwa tenaga yang di hasilkan berbeda jauh dengan yang lama, torsi yang besar membuat mobil lebih responsif sejak putaran bawah.

“Mesin baru ini memang banyak kelebihan, lebih kecil tapi punya tenaga lebih besar. Tenaganya sudah bisa terasa mulai dari putaran bawah, sehingga kapan pun butuh power lebih, mesinnya siap untuk menyuplai langsung meski masih berada di putaran bawah,” ujar Rifat dalam acara test drive and ride All New Pajero di Jakarta, Kamis (25/2/2016).

Penulis : Stanly Ravel
Editor : Azwar Ferdian

Sumber : Otomania

Share this Post!

About the Author : owner

0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.