Menanjak 47 Derajat Pakai All New Fortuner, Cuma Bisa Lihat Langit

Rangga Rahadiansyah – detikOto
Senin, 25/01/2016 08:23 WIB

Jakarta -Toyota Astra Motor (TAM) memberikan kesempatan untuk menguji ketangguhan All New Fortuner di lokasi yang mensimulasikan medan offroad. Simulasi medan offroad ini menggunakan sebuah jembatan tinggi dengan sudut kemiringan hampir 50 derajat.

Kali ini, detikOto diberi kesempatan menunggangi All New Fortuner dengan penggerak 4×4. Namun, detikOto hanya dibolehkan duduk sebagai penumpang, sementara tugas pengemudi dilaksanakan oleh pengemudi offroad profesional.

Sebelum menanjak ke jembatan setinggi 4 meter dengan kemiringan 47 derajat, penggerak roda SUV ini diputar ke posisi 4L. Mengubah ke posisi 4L cukup mudah, hanya dengan memutar knob di bagian tengah di bawah sistem audio dan pengatur AC.

“Karena ini pakai sistem elektronik, jadi kita tunggu beberapa detik. Sudah masuk ke 4L, terlihat di instrumen cluster, baru kita naik pelan-pelan,” kata Irwan sebagai pengemudi offroad profesional yang mengendalikan Fortuner ini ketika menanjak di jembatan ekstrem.

Mobil pun perlahan merangkak naik. Mengingat sudut tanjakannya sebesar 47 derajat, detikOto dan beberapa rekan lainnya yang berada di dalam mobil hanya bisa melihat langit di kaca depan.

Bahkan, Irwan sebagai pengemudi hanya mengandalkan informasi yang diberikan oleh rekannya dari luar mobil melalui alat komunikasi untuk memastikan ketepatan posisi mobil. Koordinasi dari luar mobil sangat diperlukan sehingga mobil tidak terlalu ke kiri atau ke kanan.

Tanjakan setinggi 4 meter dengan kemiringan 47 derajat pun mulus dilalui All New Fortuner hingga tiba di puncak jembatan. Selanjutnya, kami dihadapi turunan ekstrem dengan sudut kemiringan 47 derajat juga.

Di tengah turunan, Irwan sempat memberhentikan mobil. Dia ingin memastikan bahwa sabuk pengaman benar-benar mengunci sehingga badan kami tetap terjaga. Turunan juga bisa dilalui dengan mulus.

Selanjutnya adalah rintangan untuk menguji suspensi. Di rintangan ini, kaki-kaki All New Fortuner benar-benar teruji.

Sempat salah satu roda menggantung tanpa menapak ke landasan. Namun, setelah roda yang menggantung jatuh ke landasan, suspensi mampu meredam getaran. Suspensinya sangat empuk.

Summer : http://oto.detik.com/read/2016/01/25/082307/3125989/1216/menanjak-47-derajat-pakai-all-new-fortuner-cuma-bisa-lihat-langit?o991101mainnews

Share this Post!

About the Author : owner

0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.