Ketangguhan Toyota All New Fortuner Langsung Dijajal di Merapi

Bagus Kurniawan – detikOto
Sabtu, 30/01/2016 14:51 WIB

Ketangguhan Toyota All New Fortuner Langsung Dijajal di MerapiFoto: Bagus Kurniawan
Yogyakarta -Medan terjal berbatu dengan tanjakan, tikungan dan turunan tajam serta sungai di kawasan lereng Gunung Merapi, Sleman menjadi arena test drive Toyota All New Fortuner. Sebanyak 6 unit All New Fortuner dijajal di berbagai medan di kawasan Pakem dan Cangkringan Sleman pada hari Jumat (29/1/2016).

Enam mobil ditambah 3 unit kendaraan Sport Utility Vehicle (SUV) Toyota Fortuner generasi sebelumnya, yang secara bergantian dicobakan oleh sekitar 35 peserta. Selama lebih kurang 3 jam secara bergantian semua mobil dijajal di berbagai medan di lereng Merapi yang merupakan kawasan lava tour.

Start pertama diawali dari kawasan Dusun Kali Kuning Desa Umbulharjo, Cangkringan Sleman menuju empat titik yang telah ditentukan. Jalanan pertama yang dilalui medan terjal dengan jalan menurun yang biasa dilalui truk pengangkut pasir memasuki aliran hulu Sungai Opak. Jalan dengan medan ekstrim dan sempit sejauh lebih kurang 1 km itu berhasil dilalui.

Etape pertama dengan medan ekstrim dan kubangan air di jalanan tanah dusun meski tidak begitu dalam berhasil diselesaikan hingga Museum Sisa Erupsi Merapi 2010.

Pada etape kedua dari musuem sisa-sisa harta warga lereng Merapi itu dilanjutkan menuju kawasan timur di Sungai Gendol yang dikenal dengan sebutan Batu Alien. Batu besar setinggi 3 meter dan lebar 2 meter warna kecoklatan itu, para peserta beristirahat selama lebih kurang 10 menit.

Dari tempat itu dilanjutkan menuju kawasan Kaliadem Desa Kepuharjo yang berada di atas kawasan Batu Alien. Di etape ketiga ini dikenal dengan kawasan bunker Merapi sisa erupsi 2005 dan 2015 yang menjadi kawasan medan pasir dan berbatu cukup terjal.

Tiga etape atau check point tersebut yang sangat menantang itu, semuanya dengan jalan terjal berbatu itu berhasil diterobos. Mobil tidak mengalami masalah ketika melewati jalan berbatu yang biasa dilewati truk pasir. Di etape ketiga di kawasan bunker Merapi ini, All New Fortuner 4×2 diuji ketangguhannya melewati lintasan berbatu terjal. Semua berhasil dilalui dan All New Fortuner 4×2 itu tetap tangguh.

Semua medan di kawasan tersebut dapat diatasi lewat fitur-fitur dari All New Fortuner. Fitur power mode yang membuat mobil dengan lancar melewati tanjakan terjal. Fitur eco mode yang membuat mobil menjadi stabil saat melewati jalur berpasir.

Sedangkan di etape terakhir atau ke empat, mobil diuji coba di kawasan Kali Kuning di perbatasan Desa Umbulharjo Kecamatan Cangkringan dengan Kecamatan Pakem. Di sungai yang berair dalam sekitar 60 cm dan banyak batu-batu sebesar kepalan tangan orang dewasa bertebaran di tengah sungai itu, mobil mampu menunjukkan ketangguhannya.

Saat mobil melewati tengah sungai berair yang dalam itu, air pun muncrat di kanan-kiri sehingga mengundang tepuk tangan warga masyarakat terutama penambang pasir yang berada di tempat itu. Selama lebih kurang 30 menit, semua mobil yang mengikuti test drive mencoba medan berair di etape keempat. Semuanya berhasil berhasil dan mampu menunjukkan performa primanya.

“Kalau pada hari pertama Kamis (28/1/2016) Toyota All New Fortuner kami coba di kawasan medan datar di perkotaan di Semarang dilanjutkan menuju Yogyakarta melewati, Bawen Ungaran, Kopeng, Ketep Pass, Magelang dan finish di Yogyakarta. Peserta saat tes drive mampu membuktikan kapasitas dan penampilan melintasi berbagai jalur,” kata Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota Astra Motor, agen tunggal pemegang merek Toyota di Kaliadem, Cangkringan.

Pada tes drive di jalur lava tour kata Henry, All New Fortuner diujicoba melintasi berbagai jalur off road di kawasan itu. Hasilnya mobil menunjukkan ketangguhan, keamanan dan kenyamanan bagi pengendara meski jalur cukup terjal, ekstrim dan menantang.

Sementara itu Rouli Sijabat, Public Relation Manager Toyota Astra Motor menambahkan peserta test drive merasakan sendiri keunggulan performa All New Fortuner 2016 ini yang melebihi pendahulunya yang sukses menjadi market leader segmen high SUV 4X2 di pasar otomotif domesitik. (bgs/lth)

Sumber : DetikOto

Share this Post!

About the Author : owner

0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.