Kabin Ganda Isuzu D-Max V-Cross Juaranya Off Road

M Luthfi Andika – detikOto
Kamis, 31/03/2016 16:54 WIB

Pattaya – Isuzu D-Max memang tidak terlalu terdengar suaranya, namun di Thailand mobil dengan bentuk single cabin, double cabin, dan extra cabin ini termasuk mobil yang mendapat tempat istimewa di hati pecinta otomotif Thailand.

Tentu rasa penasaran detikOto pun tergelitik, apa sih yang membuat Isuzu D-Max begitu dicintai di Thailand. Tanpa banyak basa-basi detikOto langsung menguji kentangguhan D-Max di 4×4 Isuzu Land di Pattaya, Thailand, dengan melintasi berbagai rintangan teringan hingga terberat.

Nah penasaran, bagaimana ketangguhan Isuzu D-Max V-Cross. Simak ulasan berikut ini Otolovers.

1. Double Cabin yang sporty

Bicara soal double cabin, Isuzu D-Max dinilai memiliki desain yang sporty dan menawan. Karena paras yang ditawarkan tidak berbeda dengan SUV Isuzu MU-X.

Isuzu D-Max memiliki dimensi panjang 4.825 mm, lebar 1.860 mm dan tinggi 1.840 mm dengan jarak sumbu roda 2.845 mm.

Tampilan sporty juga terlihat pada bentuk lampu depan yang besar, dan agak lebar ke samping. Begitu juga dengan tampilan bumper depan memberikan aura sporty dengan penambahan lampu kabut yang terintegrasi langsung dengan bemper depan.

Begitu juga pada bagian belakang, garis tubuh yang membuat pikap kabin ganda ini terlihat begitu bongsor dan tangguh, bersama dengan bak yang dimilikinya. Sangat terlihat D-Max mampu menahan beban yang sangat berat sekalipun.

Dan double cabin ini begitu berbeda dibandingkan dengan MU-X.

2. Interior

Isuzu D-Max juga memiliki desain yang sama persis seperti MU-X. Meski memiliki desain double cabin, kenyamanan lebih juga ditawarkan mobil pikap yang satu ini.

Kenyamanan sangat terasa berkat kabin yang terbilang sangat luas, baik di kursi pengendara serta di bagian penumpang pada baris kedua.

Pikap ini juga akan memanjakan penghuninya dengan entertainment MP3, Radio yang bisa digunakan melalui koneksi Bluetooth, USB dan lain sebagainya, yang diatur dengan sistem touchscreen.

Tampilan Tacho meter, RPM, trip, dan rata-rata konsumsi bahan bakar bisa dengan mudah dilihat mirip seperti SUV MU-X. Sehingga kesan modern dan tidak terkesan kuno.

Begitu juga dengan stir kemudi, stir kemudi telah dilengkapi dengan fitur yang memudahkan pengendara dalam mengatur musik atau menerima telepon yang disambungkan bluetooth. Tidak lupa layar sentuh yang diberikan dan suhu Air Conditioner (AC) digital membuat mobil ini semakin keren.

Lari ke baris kedua, kenyamanan juga terasa karena baris kedua dinilai sangat luas. Tingkat keamanan juga tersaji di baris ketiga, dengan dilengkapi seatbelt untuk tiga penumpang. Sehingga saat menempuh jalanan seperti apapun, penumpang tidak akan terpental-pental.

3. Menguji kebengisan D-Max

Kini saatnya detikOto membuktikan kebengisan D-Max 3.0 liter dengan transmisi manual di berbagai halang rintangan yang sengaja dibangun layaknya kondisi dalam hutan atau kondisi yang tidak bersahabat.

Lajur 4×4 Isuzu Land di Pattaya Thailand memiliki sekitar 5 halang rintang. Mulai dari rintangan ringan berupa jalanan berlubang, hingga berbatu, tanjakan 30 derajat, kemiringan 40 derajat, jalanan berlumpur, semuanya tidak menjadi masalah untuk D-Max.

Pertama detikOto menguji di jalanan bergelombang dengan lubang di setiap lajurnya. Terasa suspensi yang diberikan sangat mumpuni meredam guncangan, bahkan lubang-lubang yang dibuat terbilang cukup dalam. Namun D-Max dengan mudah melaluinya dan mampu memberikan kenyamanan meski dirinya bergoyang dengan cukup keras.

Pengujian kedua, detikOto langsung menguji ketangguhan D-Max untuk bisa melalui tanjakan hingga 30 derajat. Intsruktur pun memberi pengarahan untuk menggunakan gigi satu dan mode penggerak 4L, detikOto pun mengiyakannya.

Saat kopling dilepas dan memasuki jalur tanjakan 30 derajat, tidak perlu injak pedal gas, tenaga besar bakal dirasakan siapapun yang mengendarainya. detikOto hanya perlu mengatur setir saja, ketangguhan maka mobil ini bisa melaju dengan pelan namun pasti.

Pengujian ketiga pun detikOto langsung mengendarai D-Max di kemiringan 40 derajat. Benar saja, D-Max begitu stabil dan nyaman meski dalam keadaan miring.

Semua rintangan yang diberikan memang seakan tidak menjadi masalah besar untuk Isuzu D-Max. Semuanya terwujud, berkat ketangguhan mesin diesel yang dimilikinya.

Dengan menggendong mesin 3.0 liter turbocharged-intercooled 4JJ1-TCX, mesin ini mampu menyemburkan 177 PS dan torsi mencapai 380 Nm mulai 1.800 rpm. Sistem turbo All New Geometry System (VGS), juga menjadi pahlawannya, yang mampu membuat D-Max begitu tangguh dan agresif.

4. Kesimpulan

Poin Plus

1. Tenaga besar.
2. Nyaman dikendarai dalam kondisi apapun.
3. Suspensi menambah kenyamanan dalam berbagai kondisi.

poin minus

1. Bobot lebih berat dibandingkan kompetitor pikap kabin ganda yang ada.

Sumber : DetikOto

Share this Post!

About the Author : owner

0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.