‘Ford Melewatkan Kesempatan Bagus untuk Berkembang di Indonesia’

Niken Purnamasari – detikOto
Selasa, 02/02/2016 15:40 WIB

Ford Melewatkan Kesempatan Bagus untuk Berkembang di IndonesiaFoto: Ford
Jakarta -Keputusan PT Ford Motor Indonesia untuk keluar dari bisnis di Indonesia, dinilai akan merugikan pihak Ford sendiri. Ford telah melewatkan kesempatan bagus untuk berkembang di Indonesia.

Apalagi untuk tahun 2016, produsen mobil asal Amerika Serikat itu tidak mengikuti pameran otomotif terbesar di Indonesia, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan sejak awal kemunculan di Indonesia pada tahun 2002, Ford hanya memasarkan mobil di Indonesia tanpa membangun manufaktur.

“Yang patut sedih Ford itu sendiri karena meninggalkan kesempatan pameran terbesar di dunia. Yang tidak ada di Ford sejak 2002 itu lokalisasinya, mereka hanya mengejar berapa sih yang bisa saya jual,” ujar I Gusti Putu, Selasa (2/2/2016).

Hengkangnya Ford dari Indonesia dianalogikan I Gusti Putu layaknya sebuah tenant di pusat perbelanjaan. Tenant tersebut akan digantikan oleh pendatang baru yang lebih berkembang.

Hal itu dikatakan melihat produsen asal Amerika Serikat lainnya, General Motor yang kembali ke Indonesia untuk berinvestasi dalam pengembangan mobil dengan menggandeng perusahaan China, Wuling.

“Ini (Indonesia) pasar yang besar, yang bagus. Sayang mereka tidak meramaikan. Kalau di Indonesia kayak shopping mall, saya kehilangan tenant tapi yang di pojok. Sekarang mau diisi tetangganya yang lebih berkembang,” tandasnya.

Sumber : DetikOto

Share this Post!

About the Author : owner

0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.