Cara Sederhana Merawat Mesin Diesel

Rabu, 28 September 2016 | 08:25 WIB

Jakarta, Otomania – Penggunaan mobil yang bebas masalah tentu jadi dambaan bagi setiap pemilik kendaraan. Guna mendapatkan mobil yang tidak “rewel”, baik pemilik mobil diesel maupun bensin harus rajin dalam hal perawatan mesin.

Khusus mesin diesel, perawatan dapat dimulai dari hal sederhana sebelum memulai perjalanan. Salah satunya adalah memanaskan mesin sebelum beranjak pergi, namun dengan catatan khusus.

“Kendaraan tidak perlu dipanaskan terlalu lama. Ini karena mesin diesel terbaru sudah memiliki pengaturan secara elektronik yang dapat menyesuaikan dengan kondisi mesin,” ucap Anjar Kisworo, Service Departemen Head Astra Isuzu saat dihubungi Otomania, Senin (26/9/2016).

Memanaskan mesin diesel bisa dilakukan maksimal selama lima menit sebelum digunakan. Ini agar pelumas dapat melindungi komponen mesin yang bergesekan. Berkat adanya sensor tambahan di perangkat mesin, suhu optimal bisa tercapai lebih cepat.

“Jika terlalu lama bisa berakibat buruk. Salah satunya efek gas buang knalpot yang berbahaya untuk kesehatan, apalagi dilakukannya di dalam garasi rumah,” ucap Anjar.

Hanya dengan melakukan perlakuan sederhana ini, pemilik kendaraan diesel dapat terhindar permasalahan saat menggunakan kendaraan diperjalanan. Tidak lupa pengecekan pada beberapa bagian mesin secara berkala seperti ketinggian oli dan cairan pendingin mesin sesuai standar pabrikan.

Penulis : Setyo Adi Nugroho
Editor : Azwar Ferdian

Sumber : Otomania
http://www.otomania.com/read/2016/09/28/082500530/cara.sederhana.merawat.mesin.diesel

Share this Post!

About the Author : owner

0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.