All New Fortuner di Mata Komunitas

Rangga Rahadiansyah – detikOto
Minggu, 24/01/2016 17:08 WIB

Jakarta -Toyota Astra Motor (TAM) baru saja meluncurkan All New Fortuner. Komunitas pengguna Toyota Fortuner pun menganggap, perubahan di All New Fortuner dibanding generasi sebelumnya terbilang signifikan.

Ketua Umum Toyota Fortuner Club of Indonesia (ID42NER) Saladin Bonaparta mengatakan, sebelum diluncurkan dia dan rekannya diberi kesempatan untuk menguji All New Fortuner di daerah Cibitung, Jawa Barat. Dia menilai, akselerasi All New Fortuner jauh lebih baik.

“Nyetir kita udah di Cibitung. Akselerasi mantap. Akselerasi jauh lebih bagus. Cuma kalau di bensin, agak lambat, dia ada satu detik baru respon. Wajar sih, tapi kalau dipakai piggyback sih mantap udah. Di kita (sebelumnya) juga banyak yang pakai piggyback,” kata pria yang akrab disapa Sata itu.

Soal kestabilan, Sata menilai SUV generasi terbaru dari Toyota ini lebih stabil. Ketika mengerem, bagian belakang mobil tidak oleng. Berbeda dengan generasi sebelumnya.

“Aku coba juga sprint. Lurus oke, begitu dia ngerem, dia stabil, enggak kebuang (bagian belakangnya). Kalau dulu saya akuin itu kebuang. Soalnya sekarang belakangnya udah dikasih stabilizer,” ujar Sata.

Daya pengereman juga lebih signifikan. Maklum, ukuran piringan rem lebih besar. “Jadi pas ngerem itu dia lebih gigit,” ujar Sata.

Soal Desain, Sata mengatakan, eksterior SUV ini sudah bagus. Namun, di interiornya anggota komunitas mengeluhkan tak ada ruang untuk alat radio komunikasi (rakom).

“Desain, kemarin kita bahas semuanya oke. Tinggal, teman-teman ngeluhnya masalah aksesoris. Jadi kalau rakom (radio komunikasi), sekarang enggak ada tempatnya,” kata Sata.

Hal senada juga dikatakan oleh, Ary Yunanto member ID42NER. Dia bahkan menyebut bahwa desain interior lebih mewah.

“Kalau interior sih kita akui lebih mewah. Yang leather lebih lagi,” kata Ary.

Menurutnya, kenyamanan SUV ini ada peningkatan. Suspensi lebih empuk, namun tetap stabil.

“Kenyamanan saya pikir bagus juga, ada peningkatan. Karena suspensi lebih empuk. Kita coba di jalan yang agak enggak rata, itu juag relatif stabil. Goyangan relatif stabil. Ada peningkatan dari generasi terdahulu, terutama yang TRD. Dulu yang TRD kalau penumpang full, itu sangat soft, sehingga (suspensi) mentok, gasrut lah gitu. Kalau ini kita coba dia (suspensi) bisa nahan. Kemarin kita udah coba full 7 orang,” ujar Ary.

Begitu juga soal handling. Menurut Ary, suspensi yang empuk tidak membuat mobil ini limbung ketika menikung.

“Kalau ini stabil enggak limbung. Karena di tikungan aja, kita langsung tanpa berhenti, dia enggak ngebuang. Dari sisi suspensi, handling ada penigkatan,” akunya.

Soal harga, baik Sata maupun Ary setuju harga ini sudah pas dengan perubahannya. All New Fortuner ini dibanderol mulai Rp 442 juta hingga Rp 557 juta on the road Jakarta.

“Harga, sebanding lah sama perubahannya dengan teknologi, suspensi. Cuma kita sayangkan seri G enggak ada kunci otomatisnya. Harga kayaknya diskonnya digedein lah ya,” tutup Sata.

Sumber : DetikOto

Share this Post!

About the Author : owner

0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.