5 Cara Sederhana Berkendara dengan Irit

5 Cara Sederhana Berkendara dengan Irit

Rangga Rahadiansyah – detikOto
Rabu, 13/01/2016 13:28 WIB

Jakarta – Berkendara dengan hemat bahan bakar sangat dibutuhkan pengendara untuk mengurangi pengeluaran, meski harga bahan bakar minyak turun. Ternyata, cara berkendara juga mempengaruhi konsumsi bahan bakar kendaraan Anda, selain memeriksa kesehatan kendaraan secara rutin.

Seperti detikOto kutip dari laman resmi Toyota, Rabu (13/1/2016), ternyata masih ada yang belum memahami kebiasaan mengemudi. Bahkan dikatakan, kebiasaan berkendara dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar kendaraan Anda hingga 25 persen.

Untuk itu, ada 5 tips cara sederhana berkendara sehingga irit bahan bakar. Apa saja? Simak ulasannya.

1. Injak Pedal Gas dengan Lembut

Menginjak pedal gas dengan agresif maka membuat mesin mengonsumsi bahan bakar lebih banyak. Sebaiknya, injak pedal gas dengan lembut.

Toyota memberikan tips, cara mengemudi yang optimal agar bahan bakar lebih efisien adalah dengan membutuhkan sekitar lima detik untuk berakselerasi hingga kecepatan 24 km/jam dari posisi diam. Dengan begitu berarti Anda akan menekan pedal gas lebih lembut.

Untuk transmisi manual, gunakan posisi throttle yang konstan. Disarankan, ganti gigi pada putaran mesin 2.000 hingga 2.500 RPM.

2. Jaga Kecepatan Stabil

Menaikturunkan kecepatan secara drastis dikombinasikan dengan akselerasi keras dapat memboroskan kendaraan Anda hingga 20 persen. Untuk itu, sebaiknya jaga kecepatan stabil saat berkendara di jalan lancar.

Saat ini, beberapa mobil dilengkapi dengan fitur cruise control. Penggunaan cruise control itu dianggap salah satu teknik mengemudi efisien yang mudah.

3. Tetap Waspada

Jaga momentum kendaraan Anda dengan merencanakan manuver di waktu mendatang. Perhatikan jalan di depan, antisipasi pergerakan pejalan kaki maupun kendaraan lain, dan jaga jarak aman dari mobil di depan Anda.

Hal itu akan menekan konsumsi bahan bakar dan membuat Anda lebih aman di jalan.

4. Hindari Rem Mendadak

Terkadang, untuk menghindari kecelakaan, Anda memang tidak punya pilihan selain mengerem. Tapi dalam situasi mengemudi normal, disarankan agar Anda menghindari rem mendadak.

Cara untuk menghindari rem mendadak adalah dengan menjaga jarak aman. Banyak ahli mengatakan, jarak aman dengan kendaraan di depan adalah 3-4 detik.

Hal ini bukan hanya membuat kendaraan lebih irit bahan bakar. Namun, Anda juga akan menghemat biaya pemeliharaan dan perbaikan ban dan rem.

5. Jangan Terlalu Ngebut

Beberapa mobil memang berbeda dalam hal kecepatan yang ideal. Misalnya, sebuah kendaraan memiliki kecepatan ideal 60-80 km/jam untuk menghemat bahan bakar. Setiap penambahan kecepatan, maka konsumsi bahan akan lebih boros lagi.

Memperlambat kecepatan juga akan membuat Anda lebih aman di jalan.

Sumber : http://oto.detik.com/read/2016/01/13/132400/3117495/1213/1/5-cara-sederhana-berkendara-dengan-irit

Share this Post!

About the Author : owner

0 Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published.